Kamis, 16 Oktober 2014

potensi pertanian kota Bekasi



potensi pertanian kota Bekasi
 
Bekasi adalah sebuah kota yang menuju proses menjadi sebuah kota metropolis. sedikitnya ada 12 mall yang  berdiri berdekatan disana. bahkan prediksi tahun 2016 akan berdiri lagi 8 mall lagi itu artinya akan berjumlah sedikitnya 20 mall besar berdiri disana. memang hal ini sangat menguntungkan perekonomian kota Bekasi. namun, bagaimana dengan potensi pertanian yang ada di kota tersebut ? banyak lahan yang tergarap bukan untuk lahan pertanian, namun untuk pembangunan gedung tinggi menyaingi kota jakarta. pada asalnya daerah bekasi memiliki lumaya banyak lahan pertanian terutama di daerah bekasi utara. lahan hijau ditanami padi masih banyak disana, namun di daerahku "Bekasi Timur" sekitar sepuluh tahun yang lalu.. di sekitaran daerahku masih terlihat hamparan hijau lahan petanian ada padi dan lahan sayuran. namun saat ini yang lahan tersebut sudah berubah menjadi sebuah perumahan yang notabene untuk kawasan untuk orang-orang elite. kini.. lahan pertanian di kota bekasi yang saya ketahui ada di kawasan kabupaten yang jauh dari kota itupun jumlahnya sangat sedikit. contohnya daerah cikarang timur, desa cipayung disana ada potensi pertanian yang bersektor pada perikanan disana terdapat seorang pembudidaya ikan patin. budidaya ikan patin itu dimanfaatkan dari lahan bekas galian batu bata disana, ikan patin dipilih selain karna ikan yang hidup di air tawar juga ikan yang lebih tahan terhadap penyakit. kegiatan budidaya tersebut mendapat perhatian khusus dari penyuluh pertanian lapangan (PPL). dengan harapan budidaya ikan patin akan terus berkembang



5 komentar:

  1. nice post :))
    bisa menambah wawasan tentang sektor pertanian di daerah Bekasi dan mengetahui bahwa di Bekasi Timur dan Bekasi Utara mempunyai sektor pertanian yang berbeda saat ini..

    BalasHapus
  2. jika lahan dikonversi untuk pembangunan mall, setidaknya disana masih ada kegiatan pertanian berupa perikanan.

    BalasHapus
  3. Postingan sudah bagus karena bisa menambah informasi bahwa ternyata di bekasi ada juga lahan pertanian yang bisa ditanami dan bukan hanya gedung-gedung bertingkat saja :)

    BalasHapus
  4. kenapa malah anda menjelaskan potensi di daerah lain ( cikarang timur )..kenapa anda tidak memosting di daerah bekasi timur...tapi ya maklum ya di bekasi kan sekarang lagi banyak pembangunan..baguus juga postingannya..cukum menambah wawasan

    BalasHapus
  5. ternyata disana lebih banyak kegiatan pertanian yang bersektor pertanian daripada kegiatan pertanian yang menggunakan lahan seperti sawah.

    BalasHapus